5 Makanan Khas dari Palembang – Palembang, ibu kota provinsi Sumatera Selatan, tidak hanya terkenal dengan Jembatan Ampera dan Sungai Musinya, tetapi juga dengan kuliner khas yang lezat dan menggugah selera. Berikut adalah lima makanan khas Palembang yang wajib dicoba:

1. Pempek

Pempek adalah makanan paling ikonik dari Palembang. Terbuat dari ikan tenggiri dan tepung sagu, pempek hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran seperti kapal selam, lenjer, dan adaan. Pempek disajikan dengan kuah cuka yang asam, manis, dan pedas, yang disebut cuko. Kombinasi rasa dari pempek dan cuko ini menciptakan sensasi yang unik di lidah. Tak heran jika pempek menjadi oleh-oleh wajib bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Palembang.

2. Tekwan

Tekwan adalah sup yang terdiri dari bola-bola ikan kecil yang mirip dengan pempek, namun dalam bentuk yang lebih kecil dan biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Kuah tekwan biasanya diberi bumbu dari udang kering yang memberikan rasa yang kuat dan khas. Hidangan ini dilengkapi dengan bihun, irisan jamur kuping, bengkuang, dan daun seledri, memberikan tekstur dan rasa yang kaya.

3. Model

Model adalah variasi lain dari pempek yang disajikan dengan kuah. Ada dua jenis model yang populer di Palembang: model gandum dan model ikan. Model gandum dibuat dari adonan tepung terigu, sedangkan model ikan dari campuran ikan dan tepung sagu. Kedua jenis model ini disajikan dengan kuah kaldu udang yang kaya rasa dan diisi dengan tahu. Hidangan ini juga biasanya ditambahkan bihun dan taburan bawang goreng.

4. Celimpungan

Celimpungan adalah sajian lain yang berbahan dasar ikan dan tepung sagu, mirip dengan pempek, tetapi disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih. Bentuknya bulat-bulat kecil dan biasanya disajikan dengan lontong dan taburan bawang goreng. Kuah santan yang kaya memberikan rasa yang lezat dan creamy, cocok dinikmati sebagai hidangan sarapan atau makan siang.

5. Laksan

Laksan adalah variasi pempek yang disajikan dengan kuah santan pedas. Bentuknya pipih dan oval, mirip dengan kue lapis, tetapi dibuat dari adonan ikan dan tepung sagu. Kuah santan yang gurih dan pedas memberikan rasa yang kuat dan menyegarkan. Hidangan ini seringkali ditambahkan dengan irisan daun bawang dan bawang goreng untuk memberikan aroma yang menggugah selera.

Palembang memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan lezat, dengan pempek sebagai bintang utamanya. Namun, tekwan, model, celimpungan, dan laksan juga menawarkan cita rasa yang unik dan memuaskan. Bagi para pecinta kuliner, mencicipi makanan khas Palembang adalah pengalaman yang tak boleh dilewatkan. Jadi, jika Anda berkesempatan mengunjungi kota ini, pastikan untuk mencoba semua hidangan khasnya dan nikmati kelezatan yang ditawarkan.