BANDUNG – DPR RI merupakan tempat yang pas bagi M Rasyid Rajasa untuk menunjukkan keberpihakan ke masyarakat yang diwakilinya. Di sana disusun berbagai Kebijakan Publik untuk kepentingan bersama.

Bila semakin banyak anggota DPR yang memiliki idealisme dan tidak hanya memikirkan diri sendiri (juga tidak korupsi), maka akan lahir kebijakan yang membela hak-hak warga. Khususnya warga menengah-bawah yang hidupnya harus dibantu, dibela.Pilihan Rasyid Rajasa di Dapil I Jabar (Kota Bandung dan Kota Cimahi), karena Dapil ini memiliki makna khusus bagi keluarganya. Dimana ayahnya, kakak-kakaknya, dan ia sendiri mengenyam pendidikan di ITB Bandung. Bahkan, Hatta Rajasa juga memulai karier politik di kota ini, terpilih dua kali mewakili Jabar I sebagai Anggota DPR RI.

Saat disinggung alasan maju dari Dapil I Jabar, Rasyid Rajasa menyatakan bahwa Kota Bandung dan Cimahi memiliki makna khusus bagi dirinya. “Saya sejak lama familiar dengan Provinsi Jawa Barat, khususnya Kota Bandung dan Cimahi. Keluarga banyak yang menyelesaikan studi di ITB Bandung, termasuk saya saat ini,” ujar Rasyid Rajasa di sela-sela kegiatan di Cimahi, 23 September 2023.

Rasyid Rajasa menambahkan bahwa sudah tiga tahun stay di Bandung dalam rangka memimpin DPD PAN Kota Bandung, maupun studi di ITB.

“Tiap hari saya ke warung ketemu warga, sejak 2020. Banyak cerita dari mereka, semuanya menarik. Saya merasa ada ikatan khusus dengan warga disini,” tambahnya.

Faktor itu pulalah yang membuatnya termotivasi untuk maju di Pileg 2024.

“Saya merasa bisa melakukan hal yang lebih, memperjuangkan hal yang lebih besar dari yang saya lakukan selama ini di perusahaan. Karena kan kalau di company hanya bisa membantu sebagian orang. Mungkin ratusan. Tapi di parlemen, kita bisa memperjuangkan nasib seluruh warga Dapil I Jabar, bahkan se-Indonesia”, pungkas Rasyid Rajasa.

Meski demikian, lulusan kampus di Inggris 2014 ini tahu bahwa tak mudah memenangkan kompetisi di Dapil ini yang dikenal ketat. Menyikapi fakta tersebut ia tak terlalu khawatir.

“Mungkin ini jalan yang terjal. Tetapi sebagai anak muda, saya menyukai tantangan. Saya akan bekerja keras untuk mewujudkan mimpi itu. Dengan dukungan masyarakat Kota Bandung dan Kota Cimahi, plus militansi relawan, saya yakin mampu melewati berbagai aral, dan lolos ke Senayan”, tutup Rasyid Rajasa penuh dengan optimis. (*)

Sumber Pemberitaan: Jabar Ekspres – 24 September 2023