BANDUNG – Bocoran survei elektabilitas Caleg DPR RI Dapil Jabar I dari sebuah lembaga survei nasional mengungkap fakta menarik.

Dari rilis setebal 67 halaman yang diterima Redaksi Jabar Ekpres, terungkap sejumlah kejutan. Salah satunya, nama M Rasyid Rajasa, Caleg DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) berhasil masuk ke lima besar. Empat nama lainnya rata-rata Caleg artis, yang sudah populer sebelumnya di dunia showbiz. Kejutan berikut, sejumlah nama incumbent tercecer, meski masih di sepuluh besar. Melihat fakta tersebut, saat ditemui di sela-sela kegiatan jumpa relawan di kawasan Antapani, 22 September 2023, Rasyid Rajasa mengatakan bahwa ia belum tahu survei tersebut.

“Kami belum survei, partai (PAN) juga belum sepertinya, malah saya penasaran, survei dari mana itu?”, tanyanya balik. Meksi begitu Rasyid Rajasa bersyukur jika masyarakat mempersepsikan positif apa yang sudah dilakukannya.

“Saya sejak 2020 sudah mulai turun di Bandung dan Cimahi, ratusan kali bertemu komunitas, saya kira kalau mereka kenal saya, mungkin saja”, tambahnya.

Meski begitu ia akan terus bekerja keras, dan tak terpengaruh rilis survei apapun. Baginya survei hanyalah “cermin” bagi Caleg untuk melihat dirinya dari kacamata publik.

“Jadi apapun hasilnya saya terima, dulu di awal-awal kita ditempatkan oleh lembaga survei di posisi bawah, saya terima. Kini kalau ada yang bilang naik tajam, ya Alhamdulilah. Tapi semua itu tidak membuat kita besar kepala atau overthinking. Yang pasti semua tim terus bekerja, sesuai rencana yang sudah kita susun,”  imbuhnya.

Meski masih muda, Rasyid Rajasa tidak “hijau” sama sekali dari dunia politik. Ia yang tak lain anak bungsu politisi senior, Hatta Rajasa, sejak lama mendapat “pendidikan” politik langsung dari ayahnya. Hatta memulai karier politiknya di DPR RI, hingga menjadi Menteri, 2001-2014.

Ia juga tercatat sebagai pendiri PAN, Sekretaris Jenderal, bahkan Ketua Umum. Publik juga mengenal Hatta Rajasa sebagai Calon Wakil Presiden RI 2014, berpasangan dengan Prabowo Subianto. Terkait dengan PAN, pilihannya terhadap partai matahari biru sudah tepat. Rasyid Rajasa merasa sejalan dengan PAN karena salah satu misinya adalah menjadi partai yang dekat dengan rakyat. Baginya itu bukan hanya opsi, melainkan kewajiban setiap kader, karena partai adalah alat perjuangan dari rakyat. Bila partai berjarak dengan kostituen, itu mengingkari DNA partai itu sendiri.

Dilansir dari buku profil M Rasyid Rajasa yang dibagikan ke relawan, ia kini juga tengah menyelesaikan Pendidikan di S-2 di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB. Sebelumnya Rasyid menyelesaikan studi di Business Management Program di University of East London (2014).

Saat kembali ditanya tantangan di Dapil I Jabar yang tidak mudah, Rasyid menjawab optimis. “Saya tahu ini Dapil berat, namun bukan berarti tidak mungkin. Memang tidak ada jalan yang lunak untuk mewujudkan cita-cita, walau juga tidak ada bukit terjal yang tak dapat didaki. Saya Bismillah aja!” tutur Rasyid Rajasa.

 

Sumber Pemberitaan: Jabar Ekspres – 22 September 2023