Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPR RI yang akan bertarung pada Pemilu Legislatif 2024.

Dari nama-nama yang beredar, Dapil I Jabar dapat dikatakan sebagai Dapil “Neraka”, atau area pertarungan yang berat.

Bagaimana tidak, nama-nama pesohor terkenal, artis, hingga incumbent menjejali Dapil yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi itu.

Dari kalangan artis, ada nama Melly Goeslaw (Gerindra), Junico Bp Siahaan atau Nico Siahaan (PDIP), Nurul Arifin (Golkar), Muhammad Farhan (Nasdem) dan Giring Ganesha (PSI).

Lalu patahana yang maju lagi diantaranya Ledia Hanifa (PKS), Agung Budi Santoso (PD) dan Sodik Mudjadid (Gerindra).

Belum lagi nama baru yang tak kalah populer, Atalia Praratya dari Golkar, yang tak lain istri Gubernur Jawa Barat demisioner, Ridwan Kamil dan pengacara kondang Farhat Abbas (PKN).

Tak ketinggalan, Perindo mengutus langsung anak konglomerat Indonesia, Hari Tanoesudjibjo, sekaligus Ketua Umum Perindo, yakni Clarissa H Tanoesoedibjo.

Dari deretan nama besar di atas, PAN mengutus Ketua DPD PAN Kota bandung, M Rasyid Rajasa, anak bungsu Mantan Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2014 dan Menko Perekonomian 2009-2014, Hatta Rajasa.

Sebagaimana diketahui, PAN kehilangan kursi di Dapil Jabar I sejak Pileg 2004. Saat itu nama politisi partai matahari biru terakhir yang mewakili Jabar I adalah Hatta Rajasa.

Mampukah PAN mengembalikan kursinya yang hilang di tiga pemilu terakhir?

Menurut pengamat politik ZA Budiyono, karakter pemilih di perkotaan cenderung bercorak swing voters yang rasional. Mereka “tidak loyal” terhadap satu atau dua partai dalam waktu lama, melainkan memilih karena melihat “proposal” yang ditawarkan masing-masing Caleg dan Parpol.

“Itu bisa dilihat di dua pemilu terakhir ya, dimana tidak ada partai dominan di Kota Bandung. Dengan demikian, yang menjadi game changer di 2024 nanti justru para Caleg di lapangan. Siapa yang menawarkan proposal kongkret akan dipilih rakyat,” ucap ZA Budiyono.

Terkait peluang Rasyid Rajasa mengembalikan kursi PAN dari Dapil ini, menurut ZA Budiyono, hal tersebut mungkin saja. Pasalnya sebagai politisi kawakan, Hatta Rajasa diyakini masih memiliki jaringan yang memenangkannya dulu di Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Rasyid Rajasa sejak 2021 lalu telah terjun ke Dapil I Jabar dan merajut relawan. Fotonya juga kerap terlihat sejak tahun lalu di sejumlah billboard di jalan-jalan strategis Kota Bandung dan Cimahi.

Sumber pemberitaan : Radar Bandung – Kamis, 24 Agustus 2023