Komisi Pemilihan Umum telah merilis daftar calon sementara anggota DPR RI untuk pemilu legislatif 2024. Nama-nama yang beredar di Dapil I Jabar bisa dikatakan dapil ‘neraka’ alias area pertarungan yang berat.

Nama-nama pesohor terkenal, artis, sampai petahana ada di Dapil I Jabar ini yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi, seperti di antaranya Melly Goeslaw (Gerindra), Junico BP Siahaan (PDIP), Nurul Arifin (Golkar), Muhammad Farhan (NasDem), dan Giring Ganesha (PSI).
Adapun nama petahana, sebut saja Ledia Hanifa (PKS), Agung Budi Santoso (Demokrat), dan Sodik Mudjahid (Gerindra).

Sosok pendatang baru muncul tak kalah populer, seperti Atalia Praratya (Golkar), pengacara kondang, Farhat Abbas (PKN).

Lalu, ada anak Hari Tanoesoedibjo, yakni Clarissa H Tanosoedibjo, ditambah ada anak bungsu mantan cawapres Prabowo di pilpres 2014, Hatta Rajasa, yakni Rasyid Rajasa.

PAN kehilangan kursi di dapil Jabar I sejak pileg 2004. Saat itu, politisi PAN terakhir yang mewakili Jabar I, ialah Hatta Rajasa.

Pengamat politik, ZA Budiyono menyebut jika karakter pemilih di perkotaan cenderung bercorak swing voters yang rasional.

Mereka, katanya, tak loyal terhadap satu atau dua partai dalam waktu lama, melainkan memilih karena melihat ‘proposal’ yang ditawarkan masing-masing caleg dan parpol.

“Bisa dilihat di dua pemilu terakhir. Tak ada partai dominan di Kota Bandung. Jadi, yang menjadi game changer di 2024 justru para caleg di lapangan. Siapa yang tawarkan proposal konkret akan dipilih rakyat,” katanya, Kamis (24/8/2023).

Disinggung peluang anak Hatta RajasaRasyid Rajasa yang ingin mengembalikan kursi PAN di dapil tersebut, ZA Budiyono menyebut hal itu mungkin saja terjadi, karena sebagai politisi kawakan, Hatta diyakini masih miliki jaringan yang memenangkannya dahulu di Bandung dan Cimahi.

Rasyid sejak 2021 telah terjun ke dapil I Jabar dan merajut relawan. Bahkan, fotonya kerap terlihat sejak tahun lalu di sejumlah billboard di jalan-jalan strategis Kota Bandung dan Cimahi.

Daftar Artis yang Bertarung di Dapil Jabar

Sejumlah artis dan selebritis tanah air maju menjadi calon legislatif.

Beberapa di antaranya sudah masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPR RI di Pemilu 2024 nanti.

Sebagian terdaftar di Daerah Pemilihan atau Dapil Jawa Barat.

Komisi Pemilihan Umum resmi mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPR di Pemilu 2024. Ada sebanyak 9.919 calon yang ditetapkan oleh KPU.

Banyak nama-nama yang punya latar belakang artis hingga penyanyi atau sebelumnya tampil di layar kaca.

Verrell Bramasta terjun ke politik jadi calon ketua milenial PAN, begini reaksi Desy Ratnasari Ketua DPW PAN Jabar (Instagram @bramastavrl)
Kini mereka mencoba peruntungannya dengan menjadi wakil rakyat pada Pemilu 2024 mendatang.

Ada nama-nama seperti Verrel Bramasta yang baru bergabung dengan PAN pada awal tahun 2023, tapi langsung dicalonkan sebagai caleg DPR RI periode 2024-2029.

Siapa saja nama-nama caleg berlatar belakang aktor dan aktris pada Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat? Berikut daftarnya.

1. Desy Ratnasari
Aktris yang juga politikus ini merupakan petahana yang kembali mencalonkan diri sebagai caleg DPR di Pemilu 2024. Teh Desy maju lewat PAN untuk Dapil Jawa Barat IV nomor urut 1.

2. Tommy Kurniawan
Petahana anggota DPR periode 2019-2024 ini kembali maju sebagai caleg DPR di Pemilu 2024 lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil Jawa Barat V nomor urut 1.

3. Primus Yustisio
Artis pemeran dan model kelahiran 1977 ini kembali maju sebagai petahana di Pemilu 2024 dari PAN Dapil Jawa Barat V nomor urut 5.

4. Zora Vidyanata
Model yang juga finalis Puteri Indonesia tahun 2002 ini maju sebagai caleg DPR dari PKB untuk Dapil Jawa Barat VI nomor urut 3.

5. Choky Sitohang
Presenter televisi ini maju caleg DPR dari Partai Nasdem untuk Dapil Jawa Barat VI nomor urut 2.

6. Aditya Herpavi Rachman
Pemeran dan model Indonesia ini maju pencalonan legislatif DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dapil Jawa Barat VI nomor urut 1.

7. Ali Syakieb
Pemeran dan model Indonesia ini maju caleg DPR di Pemilu 2024 dari PDIP Dapil Jawa Barat XI nomor urut 4.

8. Verrel Bramasta
Seorang aktor yang juga anak dari Venna Melinda ini maju caleg DPR dari PAN untuk Dapil Jawa Barat VII nomor urut 8.

9. Farhat Abbas
Selebriti sekaligus pengacara ini maju caleg DPR dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) untuk Dapil Jawa Barat I nomor urut 1.