On This Day: Berdirinya Praja Muda Karana (Pramuka) – Gerakan Pramuka telah menjadi bagian penting dalam perkembangan karakter dan kepemimpinan generasi muda di Indonesia. Sejak didirikan, Gerakan Pramuka terus mengalami perkembangan yang signifikan. Pramuka membawa dampak positif dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk menghadapi tantangan zaman. Istilah “Pramuka” berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu “Pramukhya”, yang berarti pandu atau penunjuk jalan. Kata “Pramuka” juga merupakan singkatan dari “Praja Muda Karana”.

Gerakan kepanduan (Pramuka) pertama kali dipelopori oleh Lord Baden Powell atau nama lengkapnya Robert Sthepenson Smyth Baden Powell of Giwell, seorang warga negara Inggris yang pernah menjadi tentara. Sejak kecil Baden Powell dikenal sebagai anak yang mencintai kegiatan luar ruangan (outdoor). Ia sering bermain di hutan kecil, di samping sekolahnya. Kemah pertama kepanduan yang dipimpin Baden Powell, terjadi pada tanggal 1 Agustus 1907 yang bertempat di Brownsea Island, Inggris. Karena itulah, Tanggal 1 Agustus pun ditetapkan sebagai Hari Kepanduan Dunia.

Di Indonesia, sejarah Pramuka Indonesia dianggap lahir pada tahun 1961. Hal ini mengacu pada Keputusan Presiden RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dan dipertegas lagi dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961. Meskipun baru ditetapkan pada tahun 1961, gerakan pramuka di Indonesia sudah ada sejak tahun 1910an. Gerakan Pramuka memiliki akar yang berasal dari Nederlandsch Indische Pfadfinderij (NIP), yaitu organisasi kepanduan yang didirikan oleh perwira tentara Belanda, J.H. de Rooij, pada tahun 1912. NIP pada awalnya diperuntukkan bagi anak-anak Belanda dan kaum pribumi yang berstatus bangsawan. Namun, pada masa penjajahan Belanda di Indonesia, pergerakan ini diberikan perlakuan diskriminatif dan hanya terbuka bagi kalangan tertentu. Namun seiring perkembangan zaman, gerakan yang berubah menjadi pramuka ini, menjadi lebih inklusif dan mencerminkan nilai-nilai bangsa Indonesia.

Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Republik Indonesia memberikan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Sejak itulah maka tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka dan hingga saat ini diperingati setiap tahunnya. 

 

BACA JUGA: Kang Rasyid Warga Kiara Condong