Tips Sukses Awali Wirausaha Ala Kang Rasyid! – Istilah UMKM “Usaha Maneh Kumaha Maneh” atau yang dalam bahasa Indonesia adalah “Usaha Kamu Gimana Kamu” kerap kali disematkan kepada para pelaku usaha/wirausahawan. Istilah tersebut memang benar adanya, berbeda dengan pegawai kantoran pada umumnya, seorang wirausahawan akan memiliki tanggung jawab penuh pada bisnis yang dijalaninya. Sukses tidaknya seorang wirausahawan ditentukan oleh usahanya sendiri.

Pada praktiknya menjadi wirausahawan yang sukses tidak semudah membalikan bantal di kasur atau memasak air panas di kompor. Menjadi wirausahawan haruslah siap akan tantangan dan persaingan di dunia usaha, juga harus pandai dalam membaca setiap peluang yang ada. Diawal meniti karirnya sebelum seperti sekarang ini, kang Rasyid memulai karirnya dari berwirausaha lohh wargii. Pada awal karirnya, kang Rasyid pernah berwirausaha budidaya ikan lele. Suka duka atau manis pahit dalam membangun sebuah usaha tentunya pernah dirasakan oleh kang Rasyid.

Agar usaha kamu tidak terlalu banyak dukanya atau terlalu pahit, kang Rasyid mau berbagi tips nih buat kamu yang memiliki niatan untuk memulai usahanya. Yukk ahh wargi, Cek This Out!

  1. Awali Usaha dengan Scouting dan RisetSelain diawali dengan bismillah, bisnis juga harus diawali dengan riset. Riset ini mencakup banyak hal seperti, jenis usaha yang akan dipilih, barangnya bisa di dapet darimana, siapa saja pengguna atau pembeli yang akan menggunakan produk kamu, siapa saja kompetitor/pesaing yang sebidang dengan usaha mu dan berbagai pertanyaan lainnya. Riset ini tidak perlu ribet, hal ini bisa dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang sederhana.
  2. Jalani Bisnis yang Kamu Suka / Kuasai 

    Jika masih bingung ingin melakukan usaha apa, kang Rasyid menyarankan wargi untuk memulai usaha dari hal-hal yang menjadi kesukaan atau keahlian masing-masing. Hal ini tentunya dipercaya menambah kepercayaan diri untuk menjalankan usaha/bisnis.

  3. Buat Rencana Bisnis Kamu 

    Jika kamu sudah memiliki tujuan dan tau jenis usaha yang akan dilakukan, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat rencana untuk bisnis atau usaha. Karena mempunyai keinginan untuk memulai usaha tapi tidak membuat rencana untuk menjalankannya, sama saja seperti kamu mempunyai ide untuk membuat nasi goreng tapi tanpa nasi 😀

  4. Konsisten dan Tidak Mudah Menyerah

    Sukses tidaknya kamu dalam menjalankan usaha tentunya ditentukan oleh kerja keras dan dedikasi dari diri sendiri, maka dari itu konsistensi dalam menjalankan usaha ditambah sikap pantang menyerah adalah atribut yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan.

Demikianlah tips memulai wirausaha dari kang Rasyid, semoga bermanfaat ya wargi dan juga mudah-mudahan dapat membantu dan memberikan dorongan kepada wargi-wargi semua yang ingin memulai berwirausaha.

 

BACA JUGA: Bertemu Kang Rasyid, Warga Adukan Maraknya Kasus Ijazah yang Ditahan