Warganet: Lampu Merah Dua Kali Lebaran- Belakangan ini warganet sedang geger. Hal ini berasal dari postingan akun instagram undercover.id yang menyebut jika lampu merah simpang Kiara Condong-Soekarno Hatta adalah lampu merah terlama di Indonesia. Lampu merah ini disebut undercover.id memiliki durasi 12 menit. Sedangkan untuk lampu hijaunya yang hanya 97 detik.

Klaim ini tentunya membuat geger jagat maya Indonesia. Sebab, normalnya lampu merah hanya menyala selama 90 detik dengan estimasi lampu merah 30 detik. Postingan undercover.id mengenai lampu merah simpang kiara condong ini pun tidak luput dari komentar netizen. Hingga tanggal 7 Januari 2022, postingan tersebut sudah dibanjiri 603 komentar dengan 9,399 like. Untuk mengetahui validitas dari postingan tersebut, tim rasyidrajasa.id datang langsung ke simpang Kiara Condong-Soekarno Hatta. hasilnya di dapat durasi selama 8 menit 20 detik atau 500 detik untuk lampu merah. Serta 1 menit 22 detik untuk lampu hijau. Riset yang tim rasyidrajasa.id lakukan mungkin mendapatkan hasil yang berbeda dengan yang didapat oleh akun instagram undercover.id. Hal ini tentusaja bisa terjadi dikarenakan perbedaan waktu ketika melakukan penghitungan.

Warganet: Lampu Merah Dua Kali Lebaran

Lamanya lampu merah yang satu ini, membuat netizen ramai ramai memberikan julukan “lampu merah dua kali lebaran” kepada lampu merah yang satu ini. Viralnya lampu merah yang satu ini juga membuat netizen lain berbagi pengalamannya. Misalnya akun instagram helmy_destina yang mengaku pernah melintas di lampu merah ini tanpa sarung tangan.

“Wkwkwk, pernah bawa motor ga pake sarung tangan & kaos kaki jam 1 siang panas terik, nyampe2 udah kaya dorokdok” ulasnya.

Ulasan lain juga diberikan oleh akun instagram dwiemawanajah. ia menyebut jika lampu merah disini membuat kita bisa menikmati mie sambil tiduran.

“Ngerebus mie+telor bisa langsung jadi palingan butuh waktu 3-5 menit. Sisanya 9 menit buat makan sembari goleran liat mobil motor lalulalang.” ujarnya.

Sebenarnya titik macet di kawasan kota Bandung yang harus dihindari tidak hanya di simpang Kiara Condong-Soekarno Hatta saja loh wargi. Terdapat dua kawasan lain yang mempunyai tingkat kemacetan yang tinggi.

  • Pasteur. Durasi lampu merah disini berkisar 191 detik saat siang hari. Namun saat sore hari, kawasan antrian dikawasan ini sangat panjang. Jika menggunakan mobil, membutuhkan waktu 45 menit dari jl layang hingga simpang Pasteur.
  • Kopo. Sejak dahulu wilayah yang satu ini memang terkenal akan macetnya. Jalan yang cenderung kecil dan banyaknya kendaraan berat yang melintas menjadi penyebab macetnya wilayah ini.

 

BACA JUGA: Harapan Menjadi Negara Maju Tapi Riset dan Inovasi Rendah