Kang Rasyid Kunjungi Galeri Soemardja ITB- M.Rasyid Rajasa atau yang biasa disapa kang Rasyid mengunjungi Galeri Soemarja di Fakultas Seni Rupa dan Desain di ITB. Pada senin tanggal 5 September 2022.

Kunjungan kang Rasyid ke Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengahadiri pameran desain Produk yang karya Dr. Agus Sachari, M.Sn. Pameran pada hari tersebut diberi nama “Reposisi”. Dalam kesempatan tersebut, kang Rasyid juga menyampaikan pandangannya mengenai manfaat desain produk terhadap keberlangsungan perkembangan Industri di Tanah Air.

“Desain Produk ini tidak bisa dipisahkan dalam pembangunan negara kita, dari dulu hingga revolusi 4.0 seperti sekarang ini.” ujar Rasyid

Lebih lanjut kang Rasyid menambahkan bahwa keberadaan desain produk itu tidak hanya bermanfaat bagi industry besar saja. Namun juga pada kenyataannya, teraplikasikan dalam industry-industri kecil ataupun sector agro seperti pertanian dan peternakan.

“Setelah melihat pameran tadi, yang saya tangkap bahwa design bukan hanya untuk visual saja, lebih dari itu desain hadir untuk memudahkan kehidupan manusia.”

“Kita bisa lihat tadi Dr. Agus Sachari mendesain kursi pesawat N-250 yang merupakan pesawat pertama di Indonesia. Sampai beliau juga mendesain alat bajak sawah untuk para petani, artinya apa? Artinya desain itu bisa berperan tidak hanya berperan dalam industry besar saja namun juga berperan untuk pengembangan agroindustry seperti pertanian dan peternakan juga industry kecil dan menengah seperti UMKM.”

Kang Rasyid Kunjungi Galeri Soemardja ITB 

Kang Rasyid juga menambahkan bahwa kehadiran pameran seperti ini harus mulai berani diadakan diruang-ruang publik.

“Pameran-pameran seperti ini saya harap dilakukan juga diruang-ruang public agar masyarakat juga dapat teredukasi dan bisa memahami jika design itu tidak mahal, ini juga agar pemanfaatan terhadap sector desain produk dan juga ekonomi kreatif bisa lebih massif lagi.” Terangnya

Terakhir kang Rasyid juga mengajak masyarakat Kota Bandung untuk terus mendukung Industri Lokal.

“Mari kita terus dukung Industri Lokal kita.” Pungkasnya.

Design Produk merupakan salah satu dari 16 sub sector ekonomi kreatif. Disamping: Aplikasi pengembangan permainan, Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Fashion, Video-Animasi-Film, Fotografi, Kriya, Kuliner, Musik Penerbitan, Penerbitan, Periklanan Seni Pertunjukan, Seni Rupa dan Televisi dan Radio.

 

BACA JUGA:

Pedagang Pasar Gedebage: Terimakasih Kang Rasyid!