Rasyid Rajasa bersilaturahmi dengan Warga Cimahi- M.Rasyid Rajasa atau biasa disapa kang Rasyid bersilaturahmi dengan warga di cimahi, pada kamis 11 Agustus 2022. Dalam kesempatan tersebut warga menyampaikan harapannya kepada kang Rasyid utamanya dalam sector ekonomi dan kepemudaan di Kota Cimahi. Menurut warga meskipun covid sudah bisa dikatakan bisa teratasi, namun dampak ekonomi akibat pandemic yang berlangsung selama dua tahun ini masih dirasakan oleh masyarakat. Harga kebutuhan pokok yang melonjak diikuti dengan ketidakpastian ekonomi makro membuat warga khawatir.

Menanggapi hal tersebut, Kang Rasyid menyebut bahwa penerapan prinsip ekonomi gotong royong menjadi solusi.

“Di masyarakat urban seperti perkotaan, ekonomi kreatif dapat menjadi solusi bagi masyarakat guna menambah pemasukan masyarakat, ini juga ditunjang oleh penerapan prinsip ekonomi gotong royong yang mengedepankan nilai kolektif dan kolaborasi”

Kang Rasyid juga menambahkan, “ini bisa dilakukan secara bersama-sama dari tingkat RW. “One RW one Product”.  Tuturnya.

Melalui One RW One Product menurut kang Rasyid membawa dampak yang positif bagi masyarakat. Selain warga bisa menambah pemasukan mereka, One RW One Product juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda-pemuda yang ada di Cimahi.

“Cimahi ini wilayah industry, tapi pabrik disini tidak menyerap tenaga kerja dari sekitar.” keluh seorang warga.

Menanggapi hal tersebut, kang Rasyid menyampaikan jika seharusnya hal ini tidak boleh terjadi. “didirikannya sebuah kawasan industry disuatu wilayah, membawa misi social untuk mensejahtrakan warga sekitar, dan hal ini sudah ditentukan oleh Undang-Undang”.

Rasyid Rajasa: Menjadi Kreatif

Kang Rasyid mengatakan, terdapat sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan ini.

“Solusinya satu, yakni: Menjadi kreatif”

“Kita harus menjadi kreatif dan solutif dan manfaatkan juga ruang digital, saya yakin hal ini bisa membantu masyarakat menjadi lebih sejahtera,satu lagi kolaboratif. Ibarat lidi kalau cuma satu dan dilipet ya patah, tapi kalo banyak kan jadi tidak patah. Sekarang jamannya kolaboratif jangan sendiri-sendiri. Nanti kita adakan pelatihan UMKM di cimahi”

Acara silaturahmi ini dihadiri oleh warga dari 10 wilayah di Kota Cimahi. Warga mengharapkan kang Rasyid untuk sering datang ke Cimahi dan membuat kegiatan-kegiatan yang memberdayakan masyarakat.

Baca Juga:

Rasyid Rajasa Hadiri Muspimnas HIMA PERSIS